Welcome in here.. Indonesian Blogsite by FUNderSec
Technologist [Umbrella of CyberUnderground Portal]

Cara Memperbaiki Perangkat Hardware "OPTICAL DRIVE"

Masalah yang sering terjadi pada Optical Drive adalah komponen ini tidak terdeteksi oleh sistem. Jika mengalami kerusakan ini, berikut saya kasih langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk memperbaikinya
adalah :
1. Buka cassing CPU. Pastika kabel-kabel data dan kabel power supply terletak pada posisinya (kencangkan kabel-kabel tersebut dengan menggoyang-goyangkan konektor sambil menekannya).
2. Periksa status Optical Drive di BIOS (masuk ke BIOS dan cari bagian pedeteksi perangkat CD/DVD). Jika terdeteksi oleh BIOS, masukkan CD/DVD yang bagus (tidak cacat), dan buka dengan Windows Explorer. Jika Oprical Drive tidak dapat membaca piringan CD/DVD tersebut, bersihkan dengan menggunakan CD cleaner.

Jika sistem masih tidak bisa membaca Optical Drive, matikan komputer dan lepaskan Optical Drive dengan cara berikut ini.
1. Persiapkan alat-alat (tools) yang dibutuhkan untuk melakukan servis, seperti obeng, korek kuping, dan loose leaf (penjepit kertas).
2. Buka optical drive dengan menggunakan penjepit kertas yang sudah diluruskan, yaitu dengan memasukkannya ke dalam lubang optical drive, dan tekan hingga optical drive tersebut.
~ Bersihkan head optic dengan menggunakan korek kuping. Lakukan dengan hati-hati. Setelah itu pasang Optical Drive pada CPU. Jika setelah langkah perbaikan tersebut optical drive masih belum terdeteksi di BIOS, lakukan kalibrasi dengan memutar trimpot, dan coba kembali. Putar trimpot sedikit demi sedikit hingga optical drive kembali normal.

Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat untuk anda...

Jangan lupa komentarnya, terima kasih :) :) :)

0 komentar:

Poskan Komentar

FUNderSec Blogsite. Diberdayakan oleh Blogger.
 

[.// FUNderSec Blogsite //.] Copyright © 2010 - 2012 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates

Thanks For Visiting My Simple Blog, ^0^ I Love You All My Visitors And FUNderSec Fans. Dont Forget Come Here Again | FUNderSec |