Welcome in here.. Indonesian Blogsite by FUNderSec
Technologist [Umbrella of CyberUnderground Portal]

Beberapa Tempat Penyimpanan Data Yang Sering Di Gunakan

Mungkin anda sudah mengenal tempat penyimpanan data untuk membackup beberapa file penting anda yang sangat penting. hari ini saya akan memberikan beberapa tempat penyimpanan data yang patut anda gunakan berikut ini dia tempat penyimpanan data yang sering anda gunakan :


1. Flashdisk 

Usbkey internals.jpg                           

USB flash drive / Flashdisk adalah alat penyimpanan data memori kilat tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Penggerak kilat ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk penggerak kilat USB ada dari 64 megabita sampai 512 gigabita. Besarnya kapasitas media ini tergantung dari teknologi memori kilat yang digunakan.

USB flash drive memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya cakram flopi atau cakram padat. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket.

Namun  USB flash drive  juga memiliki umur penyimpanan data yang singkat, biasanya ketahanan data pada  USB flash drive  rata-rata 5 tahun. Ini disebabkan oleh memori kilat yang digunakan tidak bertahan lama. Bandingkan dengan cakram keras yang memiliki ketahanan data hingga 12 tahun, CD/DVD berkualitas (dan bermerek terkenal) selama 15 tahun jika cara penyimpanannya benar.


2. Optical Disk atau CD R-RW / DVD R-RW
   


CD-R adalah singkatan dari istilah bahasa Inggris Compact Disc-Recordable) merupakan jenis cakram padat yang dapat diisi dengan data. salah satu jenis media penyimpanan eksternal pada komputer. Secara fisik CD-R merupakan CD polikarbonat kosong berdiameter 120 mm sama seperti CD ROM. Awalnya CD-R dilapisi emas sebagai media refleksinya.Permukaan reflektif pada lapisan emas tidak memiliki depresi atau lekukan – lekukan fisik seperti halnya pada lapisan aluminium kemudian disempurnakan dengan cara dengan menambahkan lapisan pewarna di antara polikarbonat dan lapisan emas. Jenis pewarna yang sering digunakan adalah cyanine yang berwarna hijau dan pthalocynine yang berwarna oranye kekuningkuningan.Pewarna ini sama seperti yang digunakan dalam film fotografi sehingga menjadikan Kodak dan Fuji produsen utama CD-R Sebelum digunakan pewarna bersifat transparan sehingga sinar laser berdaya tinggi dapat menembus sampai ke lapisan emas saat proses penulisan. Saat sinar laser mengenai titik pewarna, sinar ini memanaskannya sehingga pewarna terurai melepaskan ikatan kimianya membentuk suatu noda. Noda – noda inilah sebagai representasi data yang nantinya dapat dikenali oleh foto-detektor apabila disinari dengan laser berdaya rendah saat proses pembacaan. CD-R hanya dapat menyimpan satu kali saja dan data yang telah ada sebelumnya tidak dapat diubah atau dihapus.

CD-RW adalah CD-ROM yang dapat ditulisi kembali. CD-RW menggunakan media berukuran sama dengan CD-R. tetapi bukan menggunakan bahan pewarna cyanine atau pthalocyanine, CD-RW menggunakan logam perpaduan antara perak, indium, antimon, dan telurrium untuk lapisan perekaman.
Kandar CD-RW menggunakan laser dengan tiga daya yang berbeda. Pada daya yang tinggi, laser melelehkan logam paduan, yang mengubahnya dari kondisi kristalin reflektivitas tinggi menjadi kondisi amorf refletivitas agar menyerupai sebuah pit. Pada daya sedang, logam paduan meleleh dan berubah kembali dalam kondisi kristalin alamiahnya untuk menjadi land lagi. Pada daya rendah, keadaan/kondisi material ditelaah (untuk pembacaan), tetapi tidak ada transisi fase yang terjadi. Cakram CD-RW relatif lebih mahal dibandingkan cakram CD-R.

DVD-R adalah DVD recordable format. DVD-R biasanya memiliki kapasitas penyimpanan GB 4.71. Perintis juga mengembangkan versi dual layer 8,5 GB, DVD-R DL, yang muncul di pasar pada tahun 2005.
Data pada DVD-R tidak berubah, sedangkan DVD-RW (ditulis ulang DVD) dapat ditulis ulang (1000 +) beberapa kali. DVD adalah salah satu dari tiga bersaing industri DVD recordable format standar; yang lain adalah DVD dan DVD-RAM.


DVD-RW adalah cakram optik yang dapat ditulis kembali dan memiliki kapasitas sama dengan DVD-R, biasanya 4,7 GB. Format ini dikembangkan oleh Pioneer pada November 1999 dan telah disetujui oleh DVD Forum. Tidak seperti DVD-RAM, DVD-RW dapat dimainkan di perayaan 75% DVD player biasa.
Nikah utama DVD-RW dibandingkan DVD-R adalah kemampuan menghapus dan menulis kembali sebuah cakram DVD-RW. Menurut Pioneer, cakram DVD-RW dapat ditulis perayaan 1000 kali, sebanding dengan standar CD-RW. Cakram DVD-RW biasanya digunakan untuk tujuan cadangan, kumpulan bukan, atau rumah DVD perekam video. Nikah lain adalah bila ada Selamat menulis, cakram masih dapat digunakan dengan cara menghapus data yang salah tersebut.
Salah satu format saingannya adalah DVD + RW. Hybrid drive dapat menangani keduanya, sering disebut "DVD ± RW", dan sangat populer karena sampai saat ini belum ada standar untuk recordable DVD.

3. Portable Harddisk / POCKET Harddisk

Sama Halnya seperti penyimpanan yang menggunakan FlashDrive USB / Flashdisk tetapi ini mungkin biasa di gunakan untuk mengbackup data yang sangat besar atau pun bisa di gunakan sebagai OS portable.. ukuran ini relatif lebih besar dari pada lainnya.. karena ini bisa menjadi tempat penyimpanan pertama.



4. EMAIL

Email adalah salah satu sarana komunikasi yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan atau menyalin data. Tidak ada yang menyangka kan jika suatu hari ketika kamu hendak menyimpan atau menyalin data, terjadi keadaan mendesak seperti kamu tidak punya flashdisk, lupa membawanya atau bahkan flashdiskmu tidak terbaca di komputer? Sayang-sayang kalau tidak disimpan!

Caranya cukup gampang. Setelah kamu membuka email, klik “TULIS”. Langkah berikutnya, lampirkan data yang ingin kamu simpan setelah itu klik “SIMPAN”. Tak berapa lama kemudian datamu pun otomatis akan tersimpan di “DRAFT” atau “KONSEP” di email kamu. Kalau kamu membutuhkannya, tinggal buka saja emailmu, ketik konsep atau draft lalu kamu tinggal mengunduhnya.

5. Facebook, Twitter dan Berbagai Macam Social Network Lainnya

Mungkin jarang terpikirkan di benak kita bahwa Facebook atau Jejaring Sosial Lainya adalah salah satu tempat penyimpanan data yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan atau menyalin data. Selain catatan, kini pesan facebook juga bisa menjadi sarana penyimpanan data. Caranya dengan membuka profil orang yang kamu percaya (misalnya kakak, teman) lalu mengklik pesan. Kemudian klik gambar clip yang bertuliskan “LAMPIRKAN” yang ada di bawah pesan. Setelah itu lampirkan deh data yang ingin kamu simpan dan kamu katakan kepada orang yang kamu kirimi pesan bahwa kamu menyimpan data di pesannya. Kini data kamu aman dan kamu pun bisa tenang.

6. Blog, Wordpress, atau Media Website Lainnya

ini juga bisa dijadikan sebagai sarana penyimpanan data, khususnya dalam keadaan mendesak. Memang, caranya terbilang masih konvensional dan jenis data yang bisa disimpan juga terbatas. Untuk .doc atau file - file lainnya, kita harus mengcopy-paste terlebih dahulu dari file lalu menyalinnya di blog kita. Setelah itu kita menyimpannya di draft dan jika suatu hari kita membutuhkannya kita bisa membukanya kapan saja.

7. Online Media Stroge Files 

terakhir, ini bisa di jadikan sebagai sarana terakhir penyimpanan data, seperti halnya pada Social Network and Web. Online media stroge files ini juga bisa membantu anda, dengan penawaran yang lumayan relatif besar dan bisa menyimpan berbagai macam file - file anda seperti document, music, video maupun program backup dari komputer anda. 
misalnya saya kasih contoh : Mediafire, Rapidshare, 4shared dan masih banyak lagi dengan tempat ukurannya per 10 - 500GB



Sekian dan Terima kasih , semoga membantu

0 komentar:

Posting Komentar

FUNderSec Blogsite. Diberdayakan oleh Blogger.
 

[.// FUNderSec Blogsite //.] Copyright © 2010 - 2012 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates

Thanks For Visiting My Simple Blog, ^0^ I Love You All My Visitors And FUNderSec Fans. Dont Forget Come Here Again | FUNderSec |